1.
Salah
satu prinsip utama Pembelajaran Jarak Jauh yang harus dipahami oleh guru
adalah…
a.
Memberikan
tugas sesuai target capaian kurikulum
b.
PJJ
dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama
c.
Memberikan
pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik
d.
Menyamaratakan
kondisi, minat dan fasilitas belajar peserta didik
2.
Dalam
menghadapi situasi darurat wabah Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh harus
dilakukan. Dalam pelaksanaannya, banyak kendala atau kesulitan terjadi. Oleh
karena itu hal penting yang harus dilakukan adalah…
a.
Menyediakan
telepon genggam dan laptop untuk guru dan peserta didik
b.
Mendorong
kolaborasi orang tua, guru, dan peserta didik
c.
Memastikan
orang tua mendampingi peserta didik selama kelas online berlangsung
d.
Meminta
peserta didik untuk mengerjakan dan mengumpulkan semua tugas tepat waktu
3.
Ketika
Pembelajaran Jarak Jauh mulai diterapkan, hal pertama yang harus dilakukan oleh
guru adalah…
a.
Menyiapkan
aktivitas dan tugas belajar
b.
Membangun
kesepakatan dengan orangtua dan peserta didik
c.
Mengumpulkan
informasi mengenai kesiapan orangtua dan peserta didik
d.
Menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran
4.
Melakukan
kolaborasi antara guru, orangtua, dan peserta didik termasuk dalam cara 5M…
a.
Memanusiakan
hubungan
b.
Memahami
konsep
c.
Memberdayakan
konteks
d.
Memilih
tantangan
5.
Pekan
lalu, guru Adit memberikan tugas membuat laporan kepada peserta didik yang
dapat mereka kerjakan dari rumah. Dari laporan yang sudah terkumpul, guru Adit
memberikan komentar dan masukan untuk masing-masing peserta didik. Cara 5M yang
diterapkan guru Adit adalah…
a.
Membangun
keberlanjutan
b.
Memahami
konsep
c.
Memilih
tantangan
d.
Memberdayakan
konteks
6.
Perhatikanlah
daftar dibawah ini;
·
Memberikan
komentar atau masukan dari tugas yang dikerjakan peserta didik
·
Membuat
instruksi tugas yang mudah dipahami orangtua dan peserta didik
·
Memperbanyak
asesmen formatif untuk membantu peserta didik memahami materi pelajaran
Tergolong
dalam cara 5M manakah pernyataan-pernyataan di atas?
a.
Membangun
keberlanjutan
b.
Memahami
konsep
c.
Memilih
tantangan
d.
Memberdayakan
konteks
7.
Selain
memanusiakan hubungan, melibatkan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh dapat
dilakukan melalui cara memilih tantangan. Dari pilihan di bawah ini, manakah
cara memilih tantangan yang tepat untuk direkomendasikan kepada orang tua?
a.
Berdiskusi
tentang tujuan pembelajaran
b.
Menyusun
jadwal belajar bersama anak
c.
Bertanya
tantangan belajar kepada anak
d.
Menjadi
narasumber untuk topik belajar yang relevan
8.
Hasil
asesmen diagnosis yang dilakukan Guru Roni menunjukkan bahwa peserta didiknya
merasa bosan belajar dari rumah. Mengetahui hal tersebut, Guru Roni berdiskusi
dengan orang tua dan peserta didiknya untuk mencari solusi. Berdasarkan
pernyataan diatas, cara 5M yang dilakukan Guru Roni adalah…
a.
Membangun
keberlanjutan
b.
Memahami
konsep
c.
Memanusiakan
hubungan
d.
Memberdayakan
konteks
9.
Sebelum
melaksanakan pembelajaran jarak jauh, Guru Aben terlebih dahulu berkomunikasi
dengan orang tua murid. Di beberapa kesempatan, guru Aben menjelaskan mengenai
tujuan dan proses pembelajaran jarak jauh lewat video tutorial dan infografis
kepada orang tua murid. Apa yang dilakukan guru Aben ini tergolong dalam cara
5M…
a.
Memberdayakan
konteks
b.
Memilih
tantangan
c.
Memahami
konsep
d.
Membangun
keberlanjutan
10.
Kurikulum
dalam kondisi khusus merupakan…
a.
Kurikulum
yang baru untuk masa pandemi
b.
Penyederhanaan
dari kurikulum nasional
c.
Gabungan
kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan
d.
Penjabaran
dari kurikulum nasional yang dirasa perlu
11.
Pembelajaran
yang berfokus pada pendidikan kecakapan hidup adalah salah satu prinsip
Pembelajaran Jarak Jauh. Anda dapat menerapkan prinsip tersebut dengan
memberikan aktivitas…
a.
Pembelajaran
materi penjumlahan dan pengurangan dengan melakukan transaksi membeli dan
menjual barang
b.
Pembelajaran
penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan alat makan
c.
Pembelajaran
materi menulis surat resmi dengan mengirim surat kepada Gubernur
d.
Pembelajaran
materi organ pencernaan dengan melakukan interview bersama dokter
12.
Berikut
ini yang merupakan tujuan utama dari pendidikan adalah…
a.
Konsep
b.
Keterampilan
c.
Konteks
d.
Kompetensi
13.
Empat
kemampuan yang menandai penguasaan kompetensi pada siswa adalah ….
a.
Menalar,
siap hidup, kemandirian, ujian bermakna
b.
Kemandirian,
keahlian, menalar, ujian bermakna
c.
Menalar,
kemandirian, keterampilan, ujian bermakna
d.
Kemandirian,
menalar, kecerdasan, ujian bermakna
14.
Guru
Adi memberikan tugas proyek secara berkelompok dengan jangka waktu pengerjaan 1
bulan. Selama proyek berlangsung, guru Adi meminta peserta didik untuk
memberikan laporan setiap minggu. Guru Adi juga memberikan komentar dan masukan
di laporan mingguan peserta didik.
Dari
cerita diatas, dapat diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan guru Adi
berbasis…
a.
Konten
b.
Konsep
c.
Kompetensi
d.
Topik
Kompetensi 3 (Pengetahuan) |
Kompetensi 4
(Keterampilan) |
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah dan di sekolah |
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis,dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia |
Kompetensi Dasar |
Kompetensi Dasar |
3.1 Menggali
informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan
dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan. |
4.1 Menyajikan
hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk
tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. |
15.
Tabel
diatas merupakan KI dan KD kelas 3 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Setelah
menentukan tujuan kompetensi yang menggabungkan pengetahuan dan keterampilan
pada KD 3 dan 4, apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan?
a.
Menetapkan
indikator yang mengukur capaian kompetensi siswa
b.
Menentukan
cakupan materi dan bahan pembelajaran siswa
c.
Membuat
aktivitas pembelajaran yang menyenangkan siswa
d.
Melakukan
asesmen untuk mengukur keberhasilan belajar siswa
16.
Mengapa
KI dan KD perlu diselaraskan?
a.
Agar
memudahkan guru dalam mengajar
b.
Untuk
memenuhi persyaratan kurikulum nasional
c.
Agar
sejalan dengan kebutuhan/kondisi murid
d.
Agar
asesmen mudah dilakukan
Kompetensi
Inti 3 (Pengetahuan) |
Kompetensi Inti 4
(Keterampilan) |
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain |
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, logis dan kritis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
Kompetensi Dasar |
Kompetensi Dasar |
3.5 Mengidentifikasi
komponen listrik dan fungsinya serta menjelaskan
cara menghasilkan, menyalurkan, dan
menghemat energi listrik |
4.5 Menyajikan
karya tentang berbagai cara melakukan
penghematan energi dan usulan sumber alternatif
energi listrik |
17.
Guru
Prima akan mengajar materi listrik untuk kelas VI sesuai dengan kompetensi inti
dan kompetensi dasar dalam tabel di atas. Sebelumnya, guru Prima melakukan
asesmen diagnosis dan mendapat informasi bahwa ada orang tua murid yang bekerja
di Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan memiliki waktu luang. Dari informasi
tersebut, manakah aktivitas pembelajaran yang cocok diterapkan guru Prima?
a.
Memberi
tugas menulis makalah tentang cara kerja listrik
b.
Membuat
acara talkshow bersama orang tua murid yang bekerja di PLN
c.
Mengajak
murid menghitung meteran listrik di rumah
d.
Meminta
murid belajar mandiri dari Youtube
18.
Selama
pembelajaran jarak jauh, guru Dinda menerima banyak keluhan dari orang tua yang
mengalami kesulitan mendampingi anak belajar. Selain itu, setiap kelas daring,
guru Dinda merasa bahwa peserta didiknya bosan dan kesulitan memahami materi.
Permasalahan tersebut dapat dihindari jika guru Dinda melakukan…
a.
Asesmen
formatif
b.
Asesmen
kognitif
c.
Asesmen
diagnosis awal
d.
Asesmen
sumatif
19.
Tujuan
dari asesmen diagnosis di awal pembelajaran adalah…
a.
Memonitor
kegiatan belajar siswa selama masa pandemi
b.
Memonitor
perkembangan non-kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian
belajar
c.
Memonitor
keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh
d.
Memonitor
perkembangan emosi dan psikologis siswa
20.
Dari
pilihan berikut ini, manakah siklus asesmen di awal pembelajaran yang tepat?
a.
Evaluasi
– Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut
b.
Asesmen
kognitif – Evaluasi – Tindak Lanjut – Asesmen non kognitif
c.
Evaluasi
dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif
d.
Asesmen
non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi
21.
Dalam
melakukan persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal, anda dapat memberikan
pertanyaan kunci seperti..
a.
Apa
yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online?
b.
Apa
yang orang tuamu lakukan untuk membantumu belajar dari rumah?
c.
Apa
saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari rumah?
d.
Apa
tugas yang paling sulit dikerjakan selama belajar dari rumah?
22.
Guru
Johnny mengajar di kelas 1 SD. Di awal pertemuan, guru Johnny menanyakan
perasaan dan keadaan siswanya. Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa
guru Johnny sedang melakukan tahap…
a.
Persiapan
asesmen diagnosis kognitif awal
b.
Pelaksanaan
asesmen diagnosis kognitif awal
c.
Persiapan
asesmen diagnosis non kognitif awal
d.
Pelaksanaan
asesmen diagnosis non kognitif awal
23.
Di
tahun ajaran baru, guru Wendy ditugaskan menjadi wali kelas 4 SD. Sebelum tahun
ajaran dimulai, guru Wendy mempersiapkan banyak hal untuk pembelajaran jarak
jauh. Salah satunya adalah soal-soal yang terdiri dari materi pelajaran kelas 4
semester 1 dan beberapa materi dari kelas 3 dan 2. Yang dilakukan Guru Wendy
merupakan tahapan…
a.
Persiapan
asesmen diagnosis kognitif awal
b.
Pelaksanaan
asesmen diagnosis kognitif awal
c.
Persiapan
asesmen diagnosis non kognitif awal
d.
Pelaksanaan
asesmen diagnosis non kognitif awal
24.
Guru
Tya telah melakukan asesmen diagnosis kognitif dan non-kognitif awal. Adit, seorang siswanya, memiliki nilai
tinggi pada asesmen diagnosis kognitif. Namun, pada asesmen diagnosis
non-kognitif, Adit mengatakan bahwa dirinya tidak menyukai kegiatan
pembelajaran jarak jauh yang gurunya berikan.
Dari
cerita diatas, tindak lanjut yang dapat Guru Tya lakukan adalah…
a.
Membentuk
kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh
b.
Berdiskusi
dengan Adit dan orang tuanya terkait kendala yang dihadapi Adit
c.
Membuat
aktivitas belajar yang kreatif
d.
Memberikan
pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan Adit
25.
Setelah
melakukan asesmen diagnosis kognitif awal, Isma, seorang siswa kelas 5,
memiliki hasil asesmen dengan nilai 1 semester di bawah rata-rata kelas. Dari
pernyataan tersebut, tindak lanjut yang dapat dilakukan guru kelas 5 adalah…
a.
Menghubungi
orang tua Isma dan meminta untuk menemani Isma selama kelas online berlangsung
b.
Melakukan
asesmen kognitif ulang pada Isma dan siswa lain yang nilainya dibawah rata-rata
kelas
c.
Mengelompokkan
siswa dengan nilai dibawah rata-rata kelas untuk mendapatkan pelajaran tambahan
d.
Menghubungi
orang tua Isma dan menyarankan untuk Isma cuti sekolah
26.
Guru
Irene adalah seorang guru kelas 3. Di awal tahun ajaran baru, Guru Irene
memulai kelas meminta siswa bercerita dengan menjawab tiga pertanyaan. Berikut
ini adalah pertanyaan yang Guru Irene berikan:
1)
“Bagaimana
kabar kamu hari ini?”
2)
“Apa
saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar di rumah dalam 3 bulan terakhir
kemarin?”
3)
“Kegiatan
atau tugas apa yang paling menyenangkan dan tidak menyenangkan yang kamu
dapatkan kemarin?”
Dari
pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa yang sedang dilakukan Guru Irene merupakan langkah-langkah asesmen
awal pada tahap…
a.
Persiapan
asesmen diagnosis kognitif awal
b.
Pelaksanaan
asesmen diagnosis kognitif awal
c.
Persiapan
asesmen diagnosis non kognitif awal
d.
Pelaksanaan
asesmen diagnosis non kognitif awal
27.
Asesmen
untuk belajar dapat digunakan untuk….
a.
Mendapatkan
informasi yang digunakan pendidik dan peserta didik menentukan tujuan dan
tahapan belajar
b.
Memandu
peserta didik melakukan monitor dan refleksi terhadap proses belajarnya
c.
Mendapatkan
informasi yang dibutuhkan orangtua dan pihak lain terkait capaian kurikulum
d.
Mendapatkan
informasi dari peserta didik sebagai laporan akhir proses pembelajaran
28.
Mengukur
penguasaan dan penerapan hasil belajar oleh peserta didik terkait capaian
kurikulum merupakan kategori….
a.
Asesmen
pembelajaran
b.
Asesmen
untuk belajar
c.
Asesmen
sebagai belajar
d.
Asesmen
terhadap belajar
29.
Apa
tujuan dilakukannya asesmen diagnosis?
a.
Sebagai
bahan pertimbangan untuk naik ke kelas selanjutnya
b.
Membandingkan
pemahaman setiap peserta didik di dalam kelas
c.
Untuk
memenuhi penilaian hasil belajar (raport)
d.
Mengidentifikasi
kemampuan dasar peserta didik dalam topik sebuah mata pelajaran
30.
Setelah
melakukan asesmen diagnosis berkala, hal apa yang dapat dilakukan guru selama
proses pembelajaran?
a.
Guru
mengajar semua kelompok, termasuk kelompok dibawah rata-rata untuk menuntaskan
kurikulum
b.
Guru
menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan melihat pemahaman
beberapa siswa
c.
Guru
melakukan asesmen diagnosis kembali pada siswa yang tidak tuntas sebelum
memulai semua materi
d.
Guru
menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata
semua murid di kelas
31.
Asesmen
diagnosis berkala termasuk ….
a.
Asesmen
pembelajaran
b.
Asesmen
terhadap belajar
c.
Asesmen
formatif
d.
Asesmen
sumatif
32.
Asesmen
diagnosis berkala merupakan asesmen formatif berdasarkan tujuan dan prinsipnya.
Hal ini terkait dengan…
a.
Pemeriksaan
kemampuan belajar peserta didik untuk membantu proses belajar
b.
Berfokus
pada proses belajar peserta didik dan dilakukan di akhir semester
c.
Umpan
balik pada peserta didik hanya untuk topik pembelajaran tertentu
d.
Tindak
lanjut proses belajar sesuai dengan hasil nilai ujian akhir
33.
Dari
pilihan berikut ini, manakah aktivitas yang dilakukan guru pada tahap
pengelolaan hasil asesmen?
a.
Membagi
peserta didik dalam kelompok berdasarkan hasil asesmen
b.
Guru
menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata
semua peserta didik di kelas
c.
Melakukan
penilaian untuk masing-masing peserta didik dengan memberikan nilai 1 apabila
jawaban benar, dan nilai 0 apabila jawaban salah
d.
Melakukan
pemetaan terhadap soal yang paling sulit untuk dijawab peserta didik agar
menjadi bahan evaluasi
34.
Seorang
guru akan melakukan asesmen diagnosis sebelum mengajar materi baru. Pada tahap
persiapan, guru tersebut menyusun 10 soal sederhana. Bagaimanakah pemilihan
soal yang sebaiknya dilakukan?
a.
2
soal dari materi prasyarat dasar dan 8 soal pada materi yang akan dipelajari
b.
8
soal dari materi prasyarat dasar dan 2 soal pada materi yang akan dipelajari
c.
4
soal dari materi prasyarat dasar dan 6 soal pada materi yang akan dipelajari
d.
6
soal dari materi prasyarat dasar dan 4 soal pada materi
35.
Pembelajaran
Jarak Jauh merupakan
a.
Pembelajaran
yang dilakukan dengan memberikan tugas kepada murid melalui WAG/email
b.
Pembelajaran
yang dilakukan dengan meminta murid mendokumentasikan semua kegiatan belajarnya
c.
Pembelajaran
yang diberikan melalui media elektronik (TV, radio) dan membuat catatan
d.
Pembelajaran
yang diberikan sesuai dengan kondisi murid meski tidak selalu bisa bertatap
muka antara guru dengan murid
36.
Penggunaan
televisi dan radio merupakan media dalam pembelajaran jarak jauh model….
a.
Dalam
jaringan/online
b.
Luar
jaringan /offline
c.
Terpadu
(memadukan)
d.
Kunjungan
guru
37.
Dalam
konteks pembelajaran jarak jauh, ada aktivitas pembelajaran sinkron dan
asinkron. Prinsip pembelajaran sinkron adalah…
a.
Belajar
dilakukan kapan saja, tidak ada jam tertentu
b.
Murid
dan orangtua dapat melihat materi belajar kapan saja, dapat mengulang kembali
dan menyesuaikan dengan keadaan rumah
c.
Menyatukan
belajar berbasis proyek/membuat proyek bersama di waktu lain untuk kemudian
didiskusikan bersama
d.
Dalam
pembelajaran ini, guru dapat melihat langsung pemahaman murid atau keterampilan
komunikasi saat itu juga
38.
Guru
Amir mengajar di daerah pedesaan yang tidak semua orangtua memiliki gawai
(telepon pintar, televisi, radio). Model pembelajaran jarak jauh manakah yang
sebaiknya digunakan guru Amir?
a.
Model
PJJ dengan kelas daring
b.
Model
guru kunjung
c.
Model
kelas luring berkelompok kecil
d.
Model
PJJ melalui televisi
39.
Konsep
utama pembelajaran terpadu (blended) adalah….
a.
Guru
menjadi sumber belajar utama yang menentukan keputusan pembelajaran
b.
Pembelajaran
berpusat pada murid dimana murid belajar sumber belajar secara daring maupun
luring
c.
Fasilitas
internet menjadi sarana paling penting dengan fitur yang bagus dan menarik
d.
Belajar
tergantung pada ketersediaan fasilitas daring maupun luring di sekolah dan
rumah
40.
Saat
melakukan pembelajaran dari rumah, seorang anak mulai merasa bosan untuk
melanjutkan belajar sementara LKS yang harus ia dikerjakan cukup banyak. Apa
yang sebaiknya dilakukan?
a.
Tetap
memaksakan peserta didik menyelesaikan pembelajaran karena ada tema yang perlu
dikejar
b.
Menghentikan
pembelajaran dan melanjutkan kembali jika anak sudah ada keinginan belajar
c.
Mengganti
dengan proyek lain yang tetap sesuai dengan tema pembelajaran
d.
Memanfaatkan
hal-hal yang menjadi minat anak untuk dijadikan konten belajar
41.
Mengumpulkan
tugas pembelajaran melalui e-mail, Google Drive, atau mengirim melalui aplikasi
WhatsApp merupakan jenis aktivitas pembelajaran….
a.
Daring
sinkron
b.
Daring
asinkron
c.
Luring
sinkron
d.
Luring
asinkron
42.
Sekolah
memutuskan untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Jumlah rombongan belajar
yang banyak membuat sekolah harus membagi peserta didik bergiliran hadir selama
3 hari di sekolah. Di sisi lain guru-guru merasa waktu yang diberikan masih
kurang. Untuk mengatasi hal tersebut, manakah langkah yang dapat dipilih oleh
guru?
a.
Tetap
melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai aturan
b.
Mengembalikan
pembelajaran seperti biasa yaitu 6 hari belajar mengajar untuk semua peserta
didik
c.
Menambah
waktu pembelajaran lewat internet atau pemberian lembar kerja/modul sebagai
pendukung
d.
Proses
belajar mengajar dilaksanakan tatap muka dan meminta peserta didik menyimak
radio/TV sebagai pendukung
43.
Penggunaan
media belajar seperti tape recorder, radio, dan telepon merupakan media belajar
yang berjenis….
a.
Visual
b.
Audio
c.
Audio
visual
d.
Multimedia
44.
Definisi
dari pengetahuan konten adalah…
a.
Pengetahuan
mengenai proses dan praktik atau metode belajar-mengajar.
b.
Pengetahuan
mengenai standar teknologi sederhana sampai yang canggih
c.
Pengetahuan
mengenai tujuan belajar sampai evaluasi
d.
Pengetahuan
mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
45.
Di
dalam kelas, guru Ani menggunakan media belajar audio visual karena menyadari
peserta didiknya memiliki gaya belajar yang berbeda. Pemilihan media belajar
yang dilakukan guru Ani berdasarkan…
a.
Karakteristik
peserta didik
b.
Potensi
media dan teknologi
c.
Keadaan
latar atau lingkungan
d.
Tujuan
pembelajaran
46.
Guru
Budi memberikan tugas menulis kebudayaan daerah pada peserta didiknya. Untuk
mengerjakan tugas tersebut, peserta didik diminta untuk mewawancarai orangtua
masing-masing. Pembelajaran tersebut termasuk dalam memperoleh informasi dengan
sumber belajar….
a.
Pesan
b.
Bahan
c.
Orang
d.
Alat
47.
Manakah
diantara pengalaman belajar berikut yang lebih efektif dan memberi informasi
lebih banyak untuk peserta didik….
a.
Melihat
simulasi
b.
Melihat
pameran
c.
Berpartisipasi
dalam workshop
d.
Melakukan
simulasi
48.
Definisi
dari media pembelajaran adalah….
a.
Berbagai
atau semua sumber yang dapat digunakan peserta didik dalam belajar, baik secara
terpisah maupun terkombinasi
b.
Alat
fisik yang digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran
c.
Sesuatu
yang bisa digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan dan kemampuan peserta
didik dalam belajar
d.
Suatu
cara atau taktik dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di kelas
49.
Kelebihan
merancang sumber belajar sendiri adalah….
a.
Sesuai
dengan rencana pembelajaran, gaya mengajar guru, dan kebutuhan peserta didik
b.
Membutuhkan
kreatifitas untuk merancang dan membuatnya
c.
Mudah
ditemui di kehidupan nyata
d.
Tidak
membutuhkan waktu lama dan energi untuk merancang dan membuat
50.
Guru
Tini akan mengajarkan pembelajaran matematika mengenai bangun ruang. Guru Tini
menyiapkan sebuah kubus, kawat, dan
penggaris dengan ukuran-ukuran yang telah ditetapkan. Dari ilustrasi tersebut,
manakah yang termasuk media belajar?
a.
Ibu
Tini sebagai guru matematika
b.
Bangun
ruang sebagai kompetensi yang dipelajari
c.
Kubus
dan kawat yang digunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran
d.
Penggaris
yang dipakai peserta didik untuk mengukur panjang kawat sebagai diagonal ruang
kubus
No comments:
Post a Comment