Kuis Konsep PJJ - Tahap 1 Topik 1
1.
Prinsip
pembelajaran jarak jauh yang utama harus dipahami oleh guru ialah …
a.
Memberikan
tugas sesuai target capaian kurikulum
b.
PJJ
dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama
c.
Memberikan
pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa (x)
d.
Menyamaratakan
kondisi, minat dan fasilitas belajar siswa
2.
Diantara
tujuan pembelajaran jarak jauh berikut, yang berkaitan langsung dengan proses
belajar siswa ialah:
a.
Mencegah
penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan
b.
Memastikan
pemenuhan hak belajar siswa dalam situasi darurat Covid-19 (x)
c.
Melindungi
warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19
d.
Memastikan
pemenuhan dukungan psikososial guru, siswa dan orang tua
3.
Covid-19
berdampak siswa belajar di rumah melalui pembelajaran jarak jauh. Menurut Anda,
bagaimana memilih pendekatan pembelajaran jarak jauh yang efektif?
a.
Dilakukan
secara daring (dalam jaringan) atau online
b.
Dilakukan
secara luring (luar jaringan) atau offline
c.
Kombinasi
antara daring dan luring
d.
Disesuaikan
dengan ketersediaan fasilitas belajar siswa (x)
4.
Pembelajaran
jarak jauh tidak selalu dilakukan secara daring (dalam jaringan), tetapi dapat
dilakukan melalui luring (luar jaringan). Apa saja yang termasuk media belajar
secara luring?
a.
Video
pembelajaran
b.
Buku
sekolah elektronik
c.
Program
belajar melalui televisi (x)
d.
Grup
Whatsapp
5.
Pembelajaran
jarak jauh yang bermakna dapat dirancang melalui strategi 5M. Berikut ini yang
bukan termasuk strategi 5M ialah:
a.
Memahami
konsep
b.
Merancang
RPP (x)
c.
Membangun
keberlanjutan
d.
Memilih
tantangan
6.
Guru
Abdi mengajar di daerah pelosok Indonesia. Keterbatasan mengakses internet
menjadi tantangan melaksanakan PJJ. Alhasil, Guru Abdi mengumpulkan informasi
terlebih dulu terkait profil serta membangun kesepakatan bersama orang tua.
Melalui hasil kesepakatan tersebut, penyampaian materi dilakukan melalui bahan
ajar cetak sehingga siswa dan orang tua tidak terbebani dengan akses internet.
Berdasarkan cerita dari Guru Abdi, apa strategi 5M yang telah diterapkan?
a.
Memanusiakan
hubungan (x)
b.
Memilih
tantangan
c.
Memahami
konsep
d.
Memberdayakan
konteks
7.
Masih
dari cerita Guru Abdi, selain menggunakan bahan ajar cetak, Guru Abdi merancang
kegiatan belajar yang bisa mencakup lebih dari satu pelajaran. Apa strategi 5M
yang dilakukan?
a.
Memanusiakan
hubungan
b.
Memahami
konsep
c.
Membangun
keberlanjutan
d.
Memberdayakan
konteks (x)
8.
Menurut
Anda, bagaimana menerapkan strategi 5M membangun keberlanjutan?
a.
Memberi
umpan balik dan refleksi pada setiap penugasan yang diberikan (x)
b.
Menyediakan
pilihan jam belajar siswa
c.
Memetakan
profil siswa dan orang tua
d.
Membangun
kesepakatan dengan orang tua
9.
Pembelajaran
jarak jauh membuat guru, siswa dan orang tua untuk saling terlibat. Tantangan
yang dikeluhkan orang tua merasa terbebani dengan tugas yang diberikan guru.
Sebagai solusi, strategi 5M memanusiakan hubungan dapat menjawab tantangan tersebut. Apa saja yang
bisa menjadi topik diskusi antara guru dan orang tua dalam strategi
memanusiakan hubungan?
a.
Cara
belajar anak
b.
Pekerjaan
orang tua dan waktu mendampingi belajar anak
c.
Kebiasaan
anak di rumah
d.
Semua
jawaban benar (x)
10.
Selain
strategi memanusiakan hubungan, pelibatan orang tua dalam pembelajaran jarak
jauh dapat dilakukan melalui strategi memilih tantangan. Bagaimana guru dapat
melibatkan orang tua untuk menerapkan strategi memilih tantangan?
a.
Berdiskusi
tentang tujuan pembelajaran
b.
Menyusun
jadwal belajar bersama anak (x)
c.
Bertanya
tantangan atau kesulitan belajar yang dihadapi anak
d.
Menjadi
narasumber untuk topik belajar yang relevan
No comments:
Post a Comment