Tuesday, June 30, 2020

Penjumlahan Bilangan Bulat (Tips dan Trik menjelaskan kepada siswa)




Hay adik-adik dan teman teman... Kita sudah mengenal bahwa operasi hitung ada 4 macam yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Pada bilangan bulat juga berlaku ke 4 operasi hitung tersebut. Pada kali ini akan kita bahas terlebih dahulu tentang “Penjumlahan Pada Bilangan Bulat”.

Sifat-sifat Penjumlahan Bilangan Bulat
1.      Tertutup
Hasil penjumlahan adalah bilangan bulat.
2.      Komutatif (pertukaran)
a + b = b + a
3.      Asosiatif (pengelompokan)
(a + b) + c = a + (b + c)
4.      Unsur 0 (identitas)
a + 0 = a
5.      Invers (lawan)
a.       Lawan dari 1 adalah – 1, atau lawan – 1 adalah 1
b.      Lawan dari 3 adalah – 3, atau lawan – 3 adalah 3

Operasi hitung pada matematika sebenarnya telah diberikan ketika kalian di Sekolah Dasar, kalau tidak salah, sudah ada sejak kelas 5. Banyak persoalan yang muncul pada sistem bilangan bulat bagi siswasiswa
Bagi siswa sekolah dasar kelas 5, misalkan pada waktu mereka akan melakukan operasi hitung seperti: 4 + (-7); (-6) + 9; (-3) – (-6) 2 – 7; dan sebagainya. Persoalan yang muncul dalam kaitannya dengan soal-soal yang seperti itu adalah bagaimana memberikan penjelasan dan cara menanamkan pengertian operasi tersebut secara konkret, karena kita tahu bahwa pada umumnya siswa berpikir dari hal-hal yang bersifat konkret menuju hal-hal yang bersifat abstrak.

Berikut adalah beberapa metode atau cara menyampaikan teknik penjumlahan.
1.      Mistar hitung
2.      Garis bilangan
3.      Baris berbaris
4.      Kotak hitung
5.      Kartu warna

Kelima metode di atas pastinya hanya beberapa bagian saja dari banyak metode lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan materi berikut ini,




No comments:

Post a Comment