Breaking

Sunday, November 15, 2020

Kuis Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1 - Topik 6 - Jawaban

Kuis Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1 - Topik 6



1. Dalam praktik pembelajaran jarak jauh, guru perlu menguasai pengetahuan Pedagogi, pengetahuan konten, dan pengetahuan teknologi. Pengetahuan pedagogi merupakan …

a. Pengetahuan mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari

b. Pengetahuan mengenai standar teknologi yang digunakan

c. Pengetahuan mengenai konsep penting yang dipelajari

d. Pengetahuan mengenai proses atau metode pembelajaran (x)


2. Mengintegrasikan pengetahuan teknologi pada pengetahuan pedagogi dan pengetahuan konten menghasilkan pengetahuan konten pedagogi teknologi dimana …

a. teknologi melibatkan cara pedagogis untuk mengajarkan konten. (x)

b. teknologi merupakan cara yang tepat guna mendukung pembelajaran

c. teknologi merupakan salah satu konten penting yang perlu dipelajari

d. teknologi menjadi pengetahuan utama yang perlu dikuasai guru


3. Pengalaman pembelajaran manakah yang memungkinkan siswa untuk mengingat lebih banyak?

a. Mendengar ceramah

b. Menonton video

c. Melihat pameran

d. Melakukan simulasi (x)


4. Aktivitas yang dilakukan siswa berikut ini, yang masih digolongkan sebagai pembelajaran yang pasif adalah …

a. Mengevaluasi

b. Menjelaskan (x)

c. Menciptakan

d. Menganalisis


5. Piramida pengalaman belajar Dale membantu guru untuk menghubungkan tujuan pembelajaran dengan ….

a. Metode dan pilihan media pembelajaran (x)

b. Kebutuhan pembelajaran siswa

c. Konten yang akan dipelajari siswa

d. Target pencapaian akhir pembelajaran


6. Siswa kelas 1 lebih bersemangat untuk belajar Bahasa Indonesia karena hari ini Guru Ima mengajak mereka untuk membuat komik tentang keluarga. Hal ini menunjukan manfaat media untuk …

a. Menyampaikan pesan lebih jelas

b. Mengubah pengalaman abstrak menjadi konkrit

c. Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu

d. Mendorong keterlibatan murid (x)


7. Film pendek penunjang pembelajaran termasuk ke dalam jenis media …

a. Audio visual

b. Audio visual bergerak (x)

c. Audio visual tidak bergerak

d. Multimedia


8. Salah satu kekurangan dari sumber belajar yang dirancang sendiri oleh guru, antara lain …

a. Sesuai dengan rencana pembelajaran

b. Memungkinkan adanya personalisasi

c. Membutuhkan energi dan waktu pembuatan (x)

d. Membutuhkan waktu untuk kurasi materi


9. Manfaat pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran jarak jauh yang paling terlihat  adalah …

a. Pembelajaran yang searah menjadi lebih interaktif (x)

b. Pembelajaran menggunakan aplikasi yang canggih

c. Pembelajaran menjadi lebih kaya dengan aktivitas

d. Pembelajaran lebih mendukung kompetensi siswa


10. Dari asesmen diagnostik awal, Guru Rizqy mendapat data bahwa rata-rata muridnya memiliki gadget berupa hape dengan jangkauan jaringan internet yang cukup memadai di daerahnya. Setelah melihat kelebihan dan kekurangan dari berbagai aplikasi. Guru Rizqy memilih menggunakan whatsapp untuk pembelajaran jarak jauh. Fitur obrolan, voice note, pengiriman gambar, video dan dokumen juga cukup dikenal dan mudah digunakan. Pemilihan ini didasari pertimbangan …

a. Tujuan pembelajaran

b. Karakteristik siswa

c. Keadaan lingkungan

d. Potensi teknologi (x)


No comments:

Post a Comment